You are here

Pertumbuhan Hotel di Surabaya Sangat Menggembirakan

BISNIS perhotelan di Surabaya mengalami grafik pertumbuhan yang sangat cepat dan sangat menggembirakan. Hingga pertengahan tahun 2013, Surabaya bertambah 1.500 kamar dari beberapa hotel baru. Tahun 2014, jumlah diprediksi kamar baru  bertambah 1.300 kamar.

Menurut Djulkarnaen General Manager Hotel Novotel, di Surabaya mengatakan bisnis perhotelan tumbuh pesat tak terlepas dari sektor pariwisata yang juga tumbuh signifikan. Hingga kuartal pertama tahun ini setidaknya tercatat 55 juta perjalanan ke Indonesia. Sementara kunjungan wisatawan  asing periode Januari hingga Mei 2013 naik 3,57%.

“Di Surabaya, pertambahan kamar dari maraknya hotel-hotel baru, baik yang mengusung brand lokal maupun internasional. Accor misalnya, tahun ini menambah dua hotel baru di Surabaya, Ibis Bugdet Juanda yang telah beroperasi dan menyusul hotel Ibis di kawasan Basuki Rachmat,” ujarnya.

Sementara Ivy Ang, Director International Admissionis dari East Asia Institute of Management (EASB), menambahkan ada 4 faktor yang turut berperan dalam tumbuhnya bisnis perhotelan dan pariwisata.  Keempat faktor itu yakni pelayanan, inovasi, pengalaman, dan impresi supaya consumer dapat menjadi customer.

“Diharapkan dapat memberikan wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya mengetahui gambaran perkembangan dunia perhotelan dan pariwisata serta prospeknya. Tren yang positif di dunia perhotelan dan pariwisata harus diimbangi dengan kualitas pekerja yang kompeten. Disinilah kami (EASB) mencoba menawarkannya,” katanya. [photo istimewa]

Add new comment