You are here

Pemerintah Negara Asia Didesak Meninjau Kembali Kebutuhan SDM Pariwisata

PEMERINTAH negara-negara di kawasan Asia didesak kedepannya untuk dapat meninjau kembali semua kebutuhan para tenaga kerja (SDM) terutama untuk industri travel dan tourism dengan terus menciptakan lapangan pekerjaan bagi perekonomian negara tersebut.

Terutama dikalangan sektor swasta Asia-Pasifik, di mana pertumbuhan pariwisata yang terus berkembang diyakini dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang memang selama ini belum mendapat perhatian dan pengakuan di sebagian negara-negara Asia-Pasifik dalam meningkatkan kebutuhan SDM bagi industri pariwisata ini.

Menurut para pemimpin pariwisata pada PATA Annual Summit di Bangkok belum lama ini mengatakan pemerintah di negara-negara di Asia-Pasifik seharusnya turut mengatasi sepenuhnya semua kebutuhan tenaga kerja industri pariwisata (SDM) kedepannya. Tidak hanya dalam hal jumlah SDM saja, tapi juga mengenai keterampilan mereka dalam kompetisi yang ketat ini.

“Diharapkan kedepannya sektor swasta, pemerintahan dan akademisi untuk bisa duduk bersama dalam menentukan kebijakan-kebijakan menyangkut SDM pariwisata. Disamping itu pula pemerintah negara harus memfasilitasi sektor swasta dan akademisi, dalam memahami masalah SDM dan mengatur kebijakan. Kita perlu membangun kerjasama ini mulai sekarang untuk masa depan,” ujarnya.

Ditambahkannya, pemerintah suatu negara seharusnya sudah dapat menyusun danmengidentifikasi semua kebutuhan para tenaga kerja industri pariwisata masa depan, serta merancang ulang kurikulum sekolah-sekolah pariwisata untuk membangun keterampilan yang tepat dan diatur dan memasukkannya  ke dalam pengembangan SDM. [traveltext]

Add new comment