You are here

8 Hotel Berbintang Segera Beroperasi di Padang, Sumbar

SEBANYAK delapan hotel berbintang tiga dan empat segera beroperasi di Padang, Sumatra Barat (Sumbar) menyusul semakin membaiknya tingkat kunjungan wisatawan dan hunian hotel di kota tersebut. Namun berbagai upaya terus dilakukan untuk menggenjot tingkat hunian kamar di daerah ini, targetnya agar pariwisata Sumbar bisa bergeliat kembali.

Menurut Maulana Yusran, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar, menegaskan sebanyak delapan hotel berbintang siap ramaikan kembali Kota Padang dalam waktu dekat, 3 diantaranya hotel baru, lainnya merupakan rekonstruksi dari bangunan terdahulu.

“Hotel baru tersebut antara lain Mercure Hotel berlokasi di Pantai Padang dengan kapasitas 170-an kamar, Grand Zuri Hotel di Jalan Thamrin kapasitas 100-an kamar, dan Daima Hotel jalan Sudirman kapasitas 100-an kamar.  Sedangkan hotel lama (dibangun kembali pasca runtuh akibat gempa 2009), diantaranya Ina Muara Hotel, Rocky Plaza Hotel, Grand Bumi Minang Hotel, Ambacang Hotel, dan Hayam Wuruk Hotel,” ujarnya.

Dikatakan saat ini, sebagian besar hotel-hotel tersebut sedang dalam proses pembangunan. Untuk Rocky Plaza, berkemungkinan siap beroperasi pertengahan tahun 2011, karena sudah mengagendakan launching pada Mei nanti.

“Pihak PHRI telah mengintruksikan seluruh pelaku usaha industri perhotelan dan restoran meningkatkan pelayanan lebih baik kepada tamu agar pariwisata Padang dan Sumatra Barat bisa kembali bergairah pasca bencana gempa September 2009,” katanya.

Ditambahkannya, apalagi, kita di Sumatra Barat sudah menyiapkan sedikitnya 1.800-an kamar di 2011, dan akan bertambah lagi dalam waktu dekat, karena sejumlah hotel berbintang tengah dalam masa pembangunan.

Add new comment