You are here

Perumnas Bakal Bangun Hotel Bintang 4 di Semarang & Bandung

PERUM Perumnas melalui anak usahanya PT Propernas Nusa Dua akan membangun dua buah hotel berbintang 4 di Semarang dan Bandung yang akan dimulai akhir tahun ini.

Menurut Himawan Arief Sugoto, Direktur Utama Perumnas, mengatakan saat ini pihak Perumnas sedang melakukan studi kelayakan (feasibility study) untuk membuat konsep hotel yang akan dibangun, termasuk tinggi bangunan.

“Untuk wilayah Semarang, hotel tersebut rencananya akan dibangun di tanah milik kami [Perumnas] di Jalan Mangunsarkoro dengan luas tanah lebih dari 5.000 meter persegi. Hal yang serupa juga akan dilakukan untuk pembangunan hotel di wilayah Bandung, Jawa Barat, yakni akan berdiri di atas tanah milik Perumnas,” ujarnya.

Dikatakan, diakui saya belum bisa menyampaikan secara rinci mengenai konsep hotel yang dibangun serta biaya investasinya, karena masih dalam tahap feasibility study. Namun, diperkirakan biaya investasi tetap akan menghabiskan ratusan miliar, mengingat hotel yang dibangun akan memiliki kemewahan bintang empat.

“Kami akan upayakan agar investasi seoptimal mungkin. Pembangunan akan dimulai akhir tahun ini. Pada kawasan hotel tersebut juga akan dikembangkan perkantoran. Ini merupakan strategi kami dalam mengembangkan usaha properti komersial. Bersamaan dengan feasibility study tersebut, perseroan juga sedang mengkaji untuk menjalin kemitraan dengan salah satu operator hotel ternama. Pihak Perumnas masih memilah-milah salah satu operator hotel terkemuka yang akan diberikan wewenang untung mengurus hotel tersebut,” katanya.

Ditambahkannya, ekspansi Perumnas dalam properti komersial merupakan salah satu tujuan dari perseroan membentuk anak usaha Propernas Nusa Dua, bersama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II pada penghujung tahun lalu. Perumnas merupakan pemegang saham mayoritas di Propernas dengan porsi 51%, sementara sisanya milik PTPN II. Selain mengembangkan properti komersial, Propernas juga akan membangun fasilitas pendidikan dan rumah sakit serta fasilitas lainya bagi karyawan PTPN II dan umum.

Sinergi bisnis antar dua BUMN tersebut juga terwujud dalam pembentukan PT Nusa Dua Berkala yang akan mengelola lahan eks kebun seluas ± 854,26 Ha yang terletak di Desa Simalingkar, Deli Serdang, Sumatera Utara. Mayoritas kepemilikan Nusa Dua dimiliki oleh PTPN II dengan porsi 99%.

“Meski mengembangkan properti komersial, Perumnas tetap akan melanjutkan ekspansi pembangunan rumah sederhana dan menengah. Pihak Perumnas akan membangun sekitar 2.000 rumah baru di Jawa Tengah selama 2013 ini. Sekitar 70% adalah rumah sederhana dengan luas bangunan 36m2 dan juga 27m2. Adapun total rumah yang akan dibangun oleh Perumnas selama 2013 mencapai 20.000 rumah,” ungkapnya. [bisnis.com/photo istimewa]

Add new comment