Transformasi dan Ekspansi 3 Unit Bisnis ARTOTEL Indonesia

ARTOTEL Indonesia suatu perusahaan manajemen perhotelan yang fokus pada konsep desain hotel yang terinspirasi dari seni, mulai mengembangkan sayap bisnisnya menjadi perusahaan dengan 3 unit bisnis yang terintegrasi di bidang Hospitality, Event Management dan Curated Merchandise, yaitu ARTOTEL Group.

Menurut CEO ARTOTEL Group, Erastus Radjimin mengatakan sejak berdiri tahun 2011, ARTOTEL Indonesia memiliki visi dan semangat untuk memperkenalkan seni kontemporer Indonesia kepada para tamu hotel, kini setelah bertransformasi menjadi ARTOTEL Group yang memiliki beberapa unit bisnis baru dan memperluas pilihan brand-nya, visi dan semangatnya ditingkatkan untuk lebih memperkenalkan komunitas kreatif lokal Indonesia ke masyarakat luas dan dunia.

“ARTOTEL Group diharapkan dapat mengakomodasi permintaan semua pasar akan kebutuhan perhotelan di Indonesia dan perusahaan ini menjadi terdepan dalam memperkenalkan komunitas kreatif lokal kepada dunia. Pembangunan beberapa properti yang sedang berlangsung dari brand Bobotel, ARTOTEL, Curated Collection, hingga ABC akan memperluas titik penyebaran properti ARTOTEL Group di Indonesia. Diharapkan ekspansi ARTOTEL Group juga dapat merambah di regional Asia,’’ ujar Eratus Radjimin.

Dikatakan, adapun Unit Bisnis baru dari ARTOTEL Group terdiri dari: Bidang Hospitality: Kini ARTOTEL Group memiliki beberapa pilihan brand di bidang hospitality yang meliputi industri perhotelan dan Food & Beverage dengan menjangkau semua segmen pasar, baik lokal maupun Internasional, dari hotel bujet, butik, hingga mewah, serta resort yang menawarkan Beach Club. 

“Namun pilihan brand dari ARTOTEL Group di bidang Hospitality terdiri dari: ARTOTEL, adalah hotel desain yang terintegrasi dengan seni disetiap sudut hotelnya. ARTOTEL merupakan bisnis pertama yang diluncurkan oleh ARTOTEL Indonesia sejak tahun 2012, dengan unit pertamanya berada di Surabaya, kemudian berlanjut ke Jakarta dan Sanur, Bali. Sedangkan untuk hotel-hotel yang masih dalam pembangunan (pipeline); di Yogyakarta & Ubud, Bali (2017), dan Semarang, Jakarta (Daan Mogot, Kota Tua), Bandung, dan Lombok (2018),” katanya.

Ditambahkannya sebagai ciri khas ARTOTEL dalam setiap pembangunannya akan selalu menggandeng seniman lokal untuk  melukiskan karya mereka di setiap fasilitas hotel. Selain itu, ARTOTEL juga memiliki ARTSPACE yang merupakan ruang galeri yang diberikan secara cuma-cuma kepada para seniman lokal untuk mempertunjukkan karya mereka secara bergantian setiap bulannya.

“Dalam pengembangan hotel, kami juga membuat Bobotel, yaitu hotel bujet  yang baru dikembangkan oleh ARTOTEL Group untuk target market B dan C yang berada di kota-kota utama dan sekunder di Indonesia. Ciri khas dari Bobotel adalah interior kamar tidurnya yang modern dan fungsional dengan ukuran kamar mulai dari 15 sqm,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, selain itu, Bobotel akan selalu berada di lokasi-lokasi hub dan bangunan komersial seperti mall, bandara, dan perkantoran. Bobotel mengusung konsep kenyamanan dalam beristirahat tanpa mengeluarkan dana yang banyak karena harga Bobotel hanya meliputi kebutuhan kamar saja tanpa termasuk fasilitas makan pagi atau F&B lainnya.

“Pengembangan Bobotel Kelapa Gading bakal selesai pada akhir 2017 dan di Tanjung Pinang, Lombok, Bekasi, dan Slipi Jakarta pada 2018. Sedangkan untuk Curated Collection, adalah performa hotel butik yang setara dengan hotel berbintang lima. Mulai dari konsep, pelayanan, serta fasilitas yang ditawarkan akan sesuai dengan target market yang mendambakan keindahan. Curated Collection juga dapat menjadi pilihan bagi investor yang ingin membangun hotel dengan mengusung konsep/brand mereka sendiri namun dioperasikan dengan sistem ARTOTEL Group, masih dalam tahap pembangunan di Canggu, Bali dan Lombok,” kata Eratus Radjimin.

Selain itu, lanjutnya untuk ARTOTEL Beach Club disingkat menjadi ABC merupakan unit bisnis ARTOTEL Group di bidang Food & Beverage untuk pengelolaan sebuah Beach Club. ARTOTEL Beach Club pertama yang akan segera dibuka pada akhir tahun 2017, adalah ARTOTEL Beach Club Sanur, Bali yang berlokasi di Jalan. Danau Tamblingan 35, Sanur, Bali.

ARTOTEL Beach Club diharapkan dapat menjadi sebuah lokasi untuk bersantai dan menikmati indahnya pantai Sanur dengan pilihan menu makanan dan minuman yang dikurasi dengan baik secara internal. ARTOTEL Beach Club juga cocok untuk anak-anak karena konsepnya yang ramah untuk keluarga. Pembangunannya masih di dua lokasi ARTOTEL Beach Club, Sanur (2017) dan Lombok (2018).  [traveltextonline.com]