LAUTAN manusia membanjiri seluruh sudut jalan di sekitar Puri Agung Ubud, Gianyar, Bali, Jumat (2/3). Semua antusias menyaksikan upacara Ngaben terbesar untuk menghormati Anak Agung Niang, istri dari Tjokorda Gde Agung Sukawati yang merupakan raja terakhir Ubud, Gianyar, Bali.

Upacara Ngaben yang merupakan upacara kremasi bagi masyarakat Hindu Bali tersebut menjadi upacara termegah dari yang pernah ada. Bade setinggi kurang lebih 27,5 meter dan berat mencapai kurang lebih 10 Ton dihadirkan. Begitu juga lembu yang dipercaya mengiringi beliau ke nirwana memiliki tinggi 7 meter dengan berat mencapai kurang lebih 5 Ton.

Menjadi Upacara Ngaben terbesar, sejumlah petinggi nampak hadir di Puri Agung Ubud. Seperti Presiden Kelima RI Megawati Soekarno Putri. Hadir pula sejumlah menteri seperti Susi Pujiastuti (Menteri perikanan dan Kelautan), A.A. Ngurah Puspayoga (Menteri Koperasi dan UKM), Arief Yahya (Menteri Pariwisata), Cahyo Kumolo (Mendagri) dan Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). [traveltextonline.com]