You are here

ASITA Jawa Timur Mulai Tawarkan Jalur Wisata Baru

LAMA menginap wisatawan di Jawa Timur (Jatim) ditargetkan bertambah seiring dengan pembukaan jalur wisata baru.

Menurut Ketua Asosiasi Tour dan Travel Agen (ASITA) Jawa Timur Nanik Sutaningtyas menguraikan agen perjalanan kini menawarkan jalur wisata baru agar wisatawan dapat menikmati objek lebih banyak. Contoh jalur lazim menuju Gunung Bromo melalui Probolinggo. Namun, saat ini ditawarkan jalur ke lokasi yang sama melalui Pasuruan.

“Rute itu memungkinkan wisatawan menikmati agrowisata kebun apel, taman safari dan lapangan golf. Itu memungkinkan lama tinggal bertambah. Wisatawan Asia rata-rata tinggal di Jawa Timur 1,8 hari,” ujarnya.

Dikatakan, pembukaan jalur wisata baru juga dilakukan di Banyuwangi menuju Gunung Ijen di Bondowoso maupun Saradan, Madiun dari Solo. Wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi dan Ijen diharapkan bisa diperoleh dari Bali dan wisatawan di Madiun merupakan kunjungan lanjutan dari Jawa Tengah.

“Memang lintas wilayah, karena objek wisata di Jawa Timur berjauhan maka dicari jalur terdekat. Meski optimistis jalur baru bisa menambah lama tinggal wisatawan, diharapkan pemerintah memperhatikan infrastruktur ke tempat wisata yang umumnya minim,” katanya. [photo istimewa]

Add new comment