Genjot Wisata Danau Toba, infrastruktur Samosir Dibenahi

PEMERINTAH gencar membenahi infrastruktur pariwisata di daerah-daerah untuk menggenjot industri pariwisata domestik. Salah satu di antaranya destinasi pariwisata Danau Toba. 

Menurut Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, sudah ada Bandara Internasional Silangit menjadi pintu utama bagi wisatawan yang datang ke Pulau Samosir. Ada pula mobil gratis dari Silangit sebanyak dua kali sehari. Ke depan akan ada dua unit kapal Roro yang mampu memuat 35 hingga 40 mobil dengan kapasitas 300 orang. 

“Bahkan akses jalan tol Kuala Namu-Tebing Tinggi-Pematang Siantar pun dibangun. Jalur Pematang Siantar hingga Parapat juga dilebarkan. Pembangunan outter ring road sepanjang 100 km yang mengitari danau juga dilakukan. Akses akan semakin kuat dengan penyelesaian inner ring road, dan pembangunan dua pelabuhan internasional di kedua sisi danau,” ujarnya.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman, mengatakan kunjungan wisatawan ke Danau Toba menunjukkan tren positif. Hal itu seiring dikembangkannya infrastruktur seperti jalan tol, bandara, serta pelabuhan penyebarangan.

“Kunjungan wisatawan mancanegara ke pulau yang memiliki luas 630 km persegi meningkat 45% pada tahun 2017 dibanding tahun sebelumnya. Jumlah riil wisman ke Samosir tahun 2017 mencapai 55.771 orang. Sedangkan 2016 hanya 35.823 orang,” katanya.

Ditambahkannya, adapun amenitas di Pulau Samosir juga mengalami peningkatan. Tahun 2016 jumlah kamar yang tersedia hanya 1.899 unit, sedangkan 2017, jumlahnya melonjak jadi 2013 kamar. Jumlah homestay juga mengalami kenaikan dari 56 homestay tahun 2016, meningkat 15% menjadi 66 homestay di 2017. [kontan.co.id/photo special]