You are here

Kedai Martabak India Bandung, Pertama di Indonesia

ADA satu lagi hidangan martabak yang hadir di kota Bandung dengan mengusung konsep India, memang begitu banyak pilihan rasa yang ditawarkan; ada, martabak manis ada manis biasa, manis pasta, topping kacang, topping tipis crispy, topping selai/ powder, dan topping buah segar.

Menurut Ilham pemilik Kedai Martabak India seperti yang dikutip dari bisnis-jabar.com mengatakan customer bisa juga memilih topping sendiri. Untuk martabak asin, beberapa topping pilihan ada ayam, jamur, jagung manis, korned, dan spagheti. Ada pula rasa asin kari, yang mengadaptasi makanan India. Namun, roti cane kali ini diganti dengan martabak isi telor mata sapi. Cara makannya  dengan kari kental. Terdapat beberapa pilihan rasa kari, yaitu polos, ayam, jamur, sapi, korned, tuna, dan seafood.

“Tak hanya sajian martabak yang menggugah selera, Martabak India juga menyediakan menu minuman yang khas. Ada teh telur seperti di daerah Sumatera, teh tarik dari Melayu, serta kopi rempah dengan campuran sereh dan jahe disajikan dingin bersama es krim vanilla,” ujarnya.

Dikatakan dari sekitar 50 menu martabak, yang paling diburu pembeli ialah pandan+keju, coffe+oreo powder, mocha+keju+milo+ almond, choco+ rum+keju+oreo, dan manis crispy. Dipatok dengan range harga sekitara Rp2.500-Rp40.000, dan martabak India bakal siap memanjakan lidah Anda.

“Nah, rekomendasi  dari saya coba choco + rum+keju+oreo dan asin isi sapi lada hitam. Martabak unik ini buka sejak April 2012. Sampai sekarang, baru ada dua tempat, di Jalan Cikutra, dan satu lagi di Jalan Turangga, depan Trans Studio Mall. Jam operasional kedai pukul 16.00-23.00 WIB,” katanya.

Ditambahkannya, adapun konsep martabak India berawal dari ketidaksengajaan. Dengan basic sebagai pegiat alam bebas, ia ingin membuat konsep Indian. Tapi Indian mungkin terlihat agak garang di Bandung. Setelah melihat gambar-gambar di internet, saya tertarik dengan konsep India. Jadilah Indian diplesetkan menjadi India.

“Saat berjualan, ada pembeli yang bertanya, kenapa Martabak India, apa bedanya,  saya pun terpikir dan dibuatlah menu kari. Untuk pengusaha muda, yang penting kick off dulu (mulai dulu). Rencana ke depan Martabak India akan mengembangan pola frenchise.  Saya juga berencana untuk masuk ke mall menjadi kedai martabak siap saji,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, seperti konsep donat yang sudah ada di mall-mall, tapi ini pakai martabak. Selain itu, saya ingin membuka perusahaan Marin Best Food, yang kini menaungi Martabak India. Targetnya, Marin Best Food menjadi perusahaan terdepan dalam panganan pastry and cookies Asian otentik. [photo bisnis]

Add new comment