Luhut: Saya Pastikan Tak Ada Pemogokan Pilot Garuda

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan tidak akan ada pemogokan pilot maskapai Garuda Indonesia saat arus mudik Lebaran 2018..

"Tidak ada masalah. Semua terkendali dengan baik. Saya kira teman-teman asosiasi pilot juga punya hati nurani. Masak orang bulan suci Ramadhan, mau merayakan Lebaran, mogok. Mereka juga punya hati nurani," ujarnya di kantor Kemenko Kemaritiman Jakarta.

Dikatakan, Kemenko Kemaritiman memediasi pertemuan antara manajemen Garuda Indonesia, asosiasi pilot, serikat pekerja dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN dan Kementerian Ketenagakerjaan melalui gugus tugas khusus.

“Gugus tugas itu dibentuk untuk menyelesaikan masalah internal maskapai penerbangan pelat merah itu agar tidak menyebabkan konflik yang merugikan konsumen. Pertemuan gugus tugas akan dipimpin oleh Deputi Bidang Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Purbaya Yudhi dan diharapkan bisa selesai sesegera mungkin,” katanya.

Ditambahkannya, kalau boleh jangan lebih dari bulan Juli. Masalah antara serikat pekerja dan asosiasi pilot dengan manajemen hanya masalah komunikasi. Saya berharap kurangnya komunikasi bisa diperbaiki untuk kepentingan semua pihak.

"Kami mengajak untuk berkomunikasi termasuk juga berbagai macam bentuk entah itu secara masing-masing ataupun secara institusi kita selalu mengharapkan untuk bisa melakukan komunikasi tersebut dan kita selalu terbuka untuk selalu melakukan komunikasi tersebut," ungkapnya. [antaranews/photo special]